Bagaimana Trend Kopi Di masa Ini Menurut Opini Kami ?
Artikel ini akan membahas tentang semua hal tentang kopi,terutama dari Tren Kopi. Kopi merupakan sebuah trend anak muda di masa sekarang walaupun terkadang banyak yang tidak dapat bertahan lama karena hanya sebatas ikut-ikutan, Oleh karena itu di artikel ini kami akan membahas tentang trend kopi menurut opini kami.
Opini Saya Tentang Tren Kopi
Ya
seperti yang sudah kita bahas di post sebelumnya tentang kenapa kopi unik dan
beserta beberapa jenis-jenis kopi,kali ini saya bakal bahas tentang opini saya
terhadap tren kopi di masa kini.
Seperti yang kita tahui kopi sekarang sedang merajalela
dan dalam bahasa gaulnya sedang hype di kalangan anak muda maupun yang sudah
berumur. Kenapa kopi bisa menjadi sebuah tren ? Alasannya adalah awal mula kopi
merupakan kebutuhan hidup bagi sebagian kalangan sebagai penyemangat di pagi
hari maupun malam hari, akan tetapi sejalannya waktu dengan mulai banyaknya
media mulai lah kopi berevolusi menjadi sebuah life style atau gaya hidup bagi
semua kalangan, hal ini bermula dari munculnya kopi susu kekinian. Yap seperti
yang kita tahu kopi susu kekinian merupakan salah satu bentuk evolusi atau
rebranding dari sebuah menu kopi,seperti yang kita tau dalam menu kopi, Kopi di
tambah susu bisa disebut juga menjadi latte,cappuccino,doppio,flat white dan
masih banyak lagi. Dasar dari kopi susu kekinian adalah menu tersebut akan
tetapi dengan branding,pengemasan dan pemasaran yang lebih mudah diterima
masyarakat indonesia yang menyebabkan kopi susu kekinian lebih digandrungi and tenar
di Indonesia. Disaat ini kopi susu kekinian mengalam baynak sekali variasi
contohnya adalah kopi susu bango atau kopi susu di tambah kecap manis hal ini
merupakan salah satu inovasi baru yang muncul di kalangan masyarakat indonesia.
Lalu mungkin muncul persepsi : Kak/Pak/Buk kalau cuman
hype kan sebentar aja mati dong dalam bisnis ? tu banyak minuman lainnya yang
sebentar aja udah ilang. Okei kita bahas sedikit juga tentang hal itu.
Kenapa banyak minuman lain yang hype pada waktu itu tidak
bisa setenar kopi susu kekinian dimasa sekarang ? Menurut analisis saya yang
pertama dari segi branding atau strategi marketing minuman lain tidak sebagus
kopi susu kekinian,kedua minuman lain sulit untuk di inovasi atau di variasi dengan
bahan lain,ketiga adalah produk tersebut bukan salah satu komoditas ekspor dan
penghasil dari Indonesia, dan yang terakhir adalah hal tersebut tidak didasari
oleh kebutuhan masyarakat indonesia dan hanya menjadi sebuah hype atau life
style. Dari beberapa hal tersebut lah yang menyebabkan minuman lain tidak bisa
bertahan lama
Lalu apakah kopi keninian akan hilang pada waktunya ??
Ya.Kopi keninian juga memiliki masa waktu,menurut beberapa barista dan kosultan bisnis di dunia café / kopi mereka berkata kopi kekinian akan hilang pada waktunya, akan tetapi ada bedanya dengan minuman lainya.Apa itu yang beda ? Mereka cuman berkata semua akan kembali pada akarnya. Ya, Akarnya adalah Café Latte,Cappuccino,dll. Jadi sebenarnya kopi tidak akn mati trennya akan tetapi akan kembali kepada asal dimana mereka bermula. Mungkin banyak orang yang ragu, apakah mungkin kopi tidak akan mati ? Ya opini akan hal itu bisa dikuatkan dengan pertumbuhan kebutuhan kopi yang sangat pesat,berkembangnya kedai kopi dan tinginya ekspor kopi Indonesia keseluruh dunia.
Ya dari itu semua kami dapat simpulkan bisnis kopi
merupakan bisnis yang bagus dan baik untuk dilakukan akan tetapi semua itu
harus di pikirkan dengan matang dan didasar i dengan konsep,pemasaran,dan
branding yang kuat agar produk anda tidak mati. Semua itu merupakan hal penting
dalam tren kopi saat ini,akan tetapi ada satu opini yang menurut daya dan
beberapa orang di dunia kopi membuat stigma akan kopi menjadi jelek.
Opini kami adalah setelah berkembangnya tren kopi banyak
sekali kedai,café maupun frenchise kopi yang marak di seluruh Indonesia maupun
dunia,tetapi ada hal yang menjadi perhatian kami adalah Kualitas. Ya kenapa
kualitas yang menjadi perhatian kami,alasannya adalah banyak sekali kedai,café ataupun
brand besar yang sering tidak memikirkan kualitasnya akan tetapi hal ini tidak
disadari konsumen dan menjadi stigma tersendiri di masyarakat. Kualitas disini
adalah dari segi base kopi atau dasar kopi,menurut opini kami banyak brand yang
hanya memikirkan kuantitas tanpa memikirkan kualitas dari biji kopi yang
digunakan hal ini memunculkan stigma bahwa kopi susu itu harus manis dan ada
pahitnya,hal ini sebenarnya tidak salah akan tetapi menjadi sebuah stigma yang
buruk bagi orang-orang yang mengerti dan edukasi terhadap kopi. Saat ini stigma
yang muncul di masyarakat ini menyebabkan penggiat kopi yang ingin
mengedukasikan bahwa kopi tidak hanya pahit akan tetapi memiliki rasa yang kaya
dan khas menjadi sulit di lalukan. Hal ini terkadang menjadi sebuah keraguan
dan pengahambat pertumbuhan ekonomi bagi petani maupun penggiat kopi.
Penguat opini kami :
1. Kedai atau Lokasi kedai/café kopi
Kedai atau lokasi merupakan hal yang penting,saat ini lokasi yang bagus atau di bilang instragramable, Hal ini merupakan hal penting dalam trend kopi. Walaupu terkadang hanya menggunakan gerobak akan tetapi sekarang banyak gerobak yang sudah di modifikasi sebagaimana mungkin agar tampilannya menjadi mewah dan bagus.
Variasi menu kopi saat sini sangat bermacam-macam hal ini menyebabkan ketertarikan tersendiri bagi penikmati kopi dan menjadi sebuah trend.
3. Latte art
Latte art adalah membentuk gambar dengan foam susu di campur dengan kopi. Hal ini menyebabkan penampilan yang bagus,yang berakibat orang menjadi tertarik.
4. Tempat Nongkrong
Tren kopi masa kini di Indonesia memang tak lepas dari sebuah tempat untuk bertemu, bercerita, bergurau dengan teman maupun keluarga. Kedai kopi kini menjadi pilihan favorit tempat untuk nongkrong, selain bisa sambil ngopi, tentunya di Kedai Kopi Kita bisa ngobrol asik bersama teman.
Tak hanya untuk nongkrong saja, banyak mahasiswa yang memilih kedai kopi sebagai tempat untuk mengerjakan tugas kuliah. Tentunya hal itu tak lepas dari peran kedai kopi yang menyediakan wifi gratis untuk pelanggannya.
5. Harga kopi yang pas dikantong
Ya harga merupakan faktor penting dalam sebuah produk dapat berkembang ataupun bertahan. Harga yang bervariatif tersebut tentunya bisa menjangkau semua elemen masyarakat Indonesia. Sehingga kopi bisa dinikmati oleh berbagai elemen masyarakat
6. Kemasan yang menarik
Kemasan yang menarik juga merupakan factor trendnya kopi disaat ini. Kemasan yang menarik dan unik dapat menjadi sebuah promosi tersendiri bagi brand kopi tersebut dan menarik minat banyak orang.
Menurut Coffeland :
Kopi Merupakan sebuah kebutuhan bukan sekedar gaya hidup.Alasannya adalah
1. Kopi membuat penikmatnya merasakan kearifan lokal yang sebelumnya tak pernah mereka sentuh.
2. Kopi punya varian rasa yang sesuai dengan selera masing-masing penikmatnya.
3. Kedai kopi instagramable yang menjamur
4. Kopi punya banyak manfaat yang baik untuk tubuh.
Selain dari kedua sumber tersebut masih banyak sumber-sumber lain yang menjadi penguat dan alasan kami beropini seperti saat ini
Yuk Belajar Tentang Dunia Kopi bersama Two Brothers Coffee!
*Semua yang saya sampaikan belum tentu 100% baik dan benar.Bisa saling share yuk di kolom komentar
Trend kopi,Anak muda,Kopi Kekinian,Keunikan Kopi,kedai kopi,cafe kopi,Tempat nongkrong,Keunikan Kopi,resep kopi,penyebab kopi unik,Roasting kopi,Kopi Arabika,Kopi Robusta,Manual Brewing,Espresso
0 komentar:
Posting Komentar