Two Brothers Coffee

Barista

Coffee Shop

Consultant

Roastery

Rabu, 07 Juli 2021

Bisnis Kedai Kopi Saat Ini

Artikel ini akan membahas tentang semua hal tentang kopi,terutama dari keunikan kopi.Kopi merupakan sebuah trend anak muda di masa sekarang, akan tetapi banyak sekali kondisi yang menyebabkan bisnis kopi sulit.Oleh karena itu di artikel ini saya akan membahas tentang Bisnis kedai kopi di masa sekarang.


Bisnis Kedai Kopi Saat Ini


Photo by Nafinia Putra on Unsplash

Di Indonesia perkembangan kedai kopi sangat pesat, bahkan saat ini menjadi lahan bisnis yang menjanjikan apabila mengetahui cara untuk mengembangkannya. Kedai kopi sudah memasuki kota-kota kecil dan memiliki pasar yang bermacam-macam. Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi di dunia, bahkan kopi di Pulau Jawa mempunyai istilah cup of java karena memiliki cita rasa terbaik di dunia.

Kopi yang merupakan produk perkebunan Indonesia menempati urutan keenam setelah kelapa sawit, karet, gula, teh, dan kakao. Hal ini menunjukkan bahwa kopi di Indonesia mempunyai posisi yang cukup penting. Selain menjadi produsen masyarakat Indonesia juga menjadi konsumen minuman kopi. Saat ini tren nongkring di kedai kopi juga sedang marak masyarakat. Tua, muda, perempuan, laki-laki, semua menggemari tren ini.

Awal mula budaya minum kopi di Indonesia bermula sejak zaman kolonial Belanda sekitar tahun 1646. Saat itu Belanda menanam kopi secara besar-besaran di program tanam paksa. Kopi dibawa oleh pria berkebangsaan Belanda yang mempunyai biji kopi dari Arab yang berjenis arabika mocca. Perkebunan kopi pertama di Indonesia terdapat di daerah Priangan, Jawa Barat. Kemudian perkebunan ini berkembang hingga seluruh Pulau Jawa dan wilayah lainnya. Adanya perkebunan kopi membuat masyrakat Indonesia juga mengonsumsi minumam kopi.

Photo by The Creative Exchange on Unsplash

Mengapa bisnis Kedai Kopi saat ini sangat menjanjikan? Yang pertama minum kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Setiap pagi kita pasti melihat orang mengonsumsi kopi untuk memulai harinya. Selain itu untuk mengonsumsi kopi masyrakat juga membutuhkan tempat khusus yang nyaman untuk menikmatinya. Kopi juga mempunyai bermacam-macam jenis dan setiap jenis memiliki keunikannya masing-masing.

Untuk membuka usaha kedai kopi banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Yang pertama tentukan lokasi yang strategis dan sesuai dengan target pasar. Setelah menemukan lokasi yang strategis, berikan konsep dan desain interior yang menarik serta berhubungan dengan konsep brand supaya berbeda dengan yang lain. Buatlah menu yang unik dan mempunyai kualitas yang baik. Berikan penyajian yang menarik supaya pelanggan tertarik. Berikan diskon pada moment tertentu contohnya pada hari raya keagamaan atau hari besar Indonesia. Berikan kecepatan pelayanan supaya pelanggan merasa nyaman. Dapat juga membuat event untuk edukasi mengenai kopi untuk saling mengenal dengan pecinta kopi yang ada di kota tersebut.

Apabila dirasa belum cukup dana untuk membuat kedai kopi dapat juga membuat bisnis cold brew, coffee corner, ataupun coffee truck. Sama seperti kedai kopi yang dapat menyajikan berbagai menu, ketiga macam jenis bisnis ini hanya berbeda tempat saja. Bisnis cold brew berarti kopi disajikan dingin dalam kemasan botol. Bisnis ini dapat dijalankan secara online melalui social media. Sedangkan coffee corner adalah modernisasi dari warung pojok. Menggunakan mesin manualpun bisnis ini dapat dijalankan. Untuk membuatnya lebih menarik dapat memberikan edukasi secara langsung bagi pelanggan yang datang. Apabila ingin membuka kedai kopi namun tidak mendapatkan tempat dengan lokasi yang diinginkan, coffee truck menjadi alternatif untuk membuat kedai kopi berjalan. Coffee truck menjual kopi di pinggir jalan yang cukup ramai, biasanya menggunakan mobil tua yang di modifikasi sendiri untuk kebutuhan kedai kopi. Jangan lupa untuk mendapatkan izin berjualan pada lokasi yang akan digunakan.

Melihat banyaknya bisnis kedai kopi yang mulai marak di masyarakat, pebisnis juga harus pintar dalam membaca keinginan konsumen. Pebisnis juga dapat melakukan segmentasi pasar untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen. Setelah itu jangan lupa untuk melakukan promosi kepada konsumen terutama pada awal bisnis berjalan. Online social media sangat membantu pebisnis kopi untuk menyebarkan informasi kedia kopi ke masyarakat luas. Promosi mulut ke mulut juga menjadi cara yang ampuh untuk melakukan promosi. Perhatikan juga harga produk dengan harga pesaing. Perhatikan juga kualitas dan rasa yang di hasilkan dari produk sendiri dengan produk pesaing. Hal ini akan membantu dalam penentuan harga jual.

Photo by : Two Brothers Coffee


Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia tidak sepenuhnya menjadi masa kelam bagi kedai kopi. Memang pada awal pandemi Covid-19 hampir seluruh dunia mengalami kelumpuhan pada perekonomian bahkan banyak terjadi oemutusan hubungan kerja (PHK) pada perusahaan maupun UMKM di Indonesia. Kedai kopi yang merupakan UMKM juga mendapatkan dampak adanya pandemi ini. Kedai kopi yang hanya mengandalkan dine in terpaksa tutup dan tidak mendapatkan pemasukan. Namun apabila kedai kopi pada sebelum masa pandemi sudah mengandalkan berjualan online akan mendapatkan pemasukan walau tidak banyak. Untuk kedai kopi yang hanya mengandalkan dine in kebanyakan berjuang untuk memasarkannya pada media sosial seperti Instagram.

Kopi yang dijual secara online akan dikemas dengan botol yang berukuran 250ml. Untuk memasarkan kopi botolan ini biasanya pemiliki kedai kopi akan menggunakan layanan take away di kedainya atau bahkan memberikan layanan pesan antar gratis. Selain itu juga bisa memasukkan produk ke dalam aplikasi transportasi online yang juga menyediakan fitur pemesanan makanan atau minuman seperti Grab dan Gojek. Di pertengahan tahun 2020 juga muncul tren baru yaitu kopi botolan 1 liter. Hal ini bertujuan untuk menyediakan para penikmat kopi produk dengan isi yang lebih banyak dan dapat di simpan di dalam kulkas. Sebagian besar pemiliki kedai kopi juga membuat menu kopi botolan dengan kemasan 1 liter pada saat itu.

Seperti yang kita ketahui bahwa keadaan mulai membaik, bisnis yang ada di Indonesia juga mulai beroperasi kembali walaupun keadaan belum stabil. Para pemiliki kedai kopi mulai membuka lagi bisnisnya meskipun ada jam pembatasan. Mengetahui banyak kedai kopi yang sudah mulai beroperasi kembali, masyarakat mulai mendatangi kedai kopi kembali khususnya anak-anak muda. Kedai kopi bukan hanya sekedar untuk nongkrong, tetapi juga dapat menjadi tempat untuk anak yang bersekolah atau berkuliah sebagai tempat untuk mengerjakan tugas. Bagi orang kantoran, kedai kopi juga menjadi tempat bertemunya klien atau hanya sebatas mengisi waktu istirahat mereka dengan teman sekantor. Melihat besarnya ketertarikan masyarakat dengan kedai kopi, banyak sekali kedai kopi baru yang bermunculan dengan konsep yang berbeda-beda. Bahkan untuk saat ini ditengah perumahan kita juga dapat menemukan kedai kopi rumahan yang mempunyai cita rasa yang nikmat.

Saya yang merupakan penikmat kopi juga merasakan bahwa kedai kopi adalah bisnis yang menjanjikan. Dapat dilihat dari semua kalangan masyarakat yang menyukai minuman kopi. Untuk membuat kedai kopi memang dibutuhkan persiapan yang matang terutama membuat konsep yang menarik. Saat ini juga terdapat pelatihan-pelatihan pembuatan minuman kopi secara online. Apabila kita mempelajari kopi dengan baik, kita juga dapat membuat kedai kopi rumahan atau menjual minuman kopi secara online. Bentuk dari kedai kopi juga dapat di sesuaikan dengan konsep brand supaya menjadi daya tarik bagi masyarakat. Menjual kopi keliling juga sudah mulai ada di berbagai kota seperti Kota Surabaya dan Kota Malang di Jawa Timur. Dengan cita rasa yang nikmat dan unik pasti akan mendapatkan banyak pelanggan dan dapat berkembang menjadi bisnis yang besar, serta dapat menjadi lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.


Yuk Belajar Tentang Dunia Kopi bersama Two Brothers Coffee!


*Semua yang saya sampaikan belum tentu 100% baik dan benar.Bisa saling share yuk di kolom komentar

Trend kopi,Anak muda,Kopi Kekinian,Keunikan Kopi,kedai kopi,cafe kopi,Tempat nongkrong,Keunikan Kopi,resep kopi,penyebab kopi unik,Roasting kopi,Kopi Arabika,Kopi Robusta,Manual Brewing,Espresso


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Me

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Pentingnya Hospitality pada Bisnis Kuliner

    Artikel ini akan membahas tentang semua hal tentang kopi dan bisnis kuliner, untuk artikel ini terkhusus kami akan membahas tentang pent...

Adress/Street

Ratah Tiga No.26 Malang

Phone number

(+62)811296906

Website

www.http://www.twobrotherscoffee.my.id/